Oleh-oleh | makanan khas gunung Bromo

Oleh-oleh | makanan khas gunung Bromo

Makanan Khas Bromo

makanan khas dan oleh-oleh gunung Bromo

Oleh-oleh khas gunung Bromo. Pada saat anda sedang berkunjung ke suatu tempat nun jauh apalagi tempat wisata, kami yakin yang terbesit dibenak anda adalah tentang kuliner khas daerah tersebut.  Apalagi jika anda berlibur ke objek wisata gunung Bromo, yang terletak di Probolinggo, maka tidak lengkap rasanya bila tidak mencicipi makanan khas warga Tengger. Dan salah satu oleh-oleh atau kuliner khas dari daerah Bromo adalah Nasi Aron. Konon, selain rasanya yang menggugah selera makan, kuliner ini juga sangat sehat karena dipercaya bisa menurunkan kolesterol dan diabetes.

Nasi aron merupakan salah satu makanan khas warga Tengger kawasan wisata gunung Bromo dan merupakan oleh-oleh yang unik. Kuliner asli khas Tengger sendiri berbahan jagung putih yang katanya hanya terdapat dipegunungan Bromo saja. Kuliner khas Bromo ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan nasi putih pada umumnya, hanya saja dengan makan nasi Aron kita menjadi lebih tahan kenyang, dan berasa gurih karena terbuat dari jagung.

Makanan khas Bromo ini lebih nikmat lagi jika disantap dengan sayur daun ranti, campur kentang dengan lauknya tahu, tempe, serta ikan laut. Mmmm,,,yummiiii... sangat lezat terasa ^_^ . Akan tetapi, walaupun hanya dilengkapi lauk pauk tempe tahu, namun nasi Aron terasa nikmat dengan sentuhan sambal terasi yang pedas, apalagi makannya sambil menikmati panorama gunung Bromo yang eksotik.

Pembuatan Nasi Aron

Kata penjualnya, proses pembuatan kuliner khas Bromo ini terbilang relatif mudah, hanya saja membutuhkan waktu yang agak lama untuk mempersiapkannya. Karena jagung harus dipipil terlebih dahulu, kemudian ditumbuk setengah halus, lalu direndam dengan air selama kurang lebih empat hari agar terasa lunak kemudian dijemur hingga kering.

Selanjutnya, jagung tersebut ditumbuk hingga halus, kemudian disaring (diayak) hingga halus, dan direbus selama 30 menit atau hingga matang. Dengan tambahan tahu tempe, sayur ranti, dan sambal terasi sebagai lauknya, masakan siap disajikan. Nasi aron juga dipercaya bisa menjaga kesehatan karena daun ranti yang rasanya agak sedikit pahit bisa menurunkan kolestrol, serta diabetes.

Mungkin dikarenakan cuaca dan hawa di gunung Bromo yang dingin, nasi Aron yang dipadu dengan sambal pedas bisa terasa sangat nikmat dan bisa menahan lapar sampai berjam-jam. Jika anda ingin merasakan makanan khas Bromo ini silakan berkunjung ke wisata Desa Seruni, di kawasan wisata gunung Bromo.

Demikian postingan tentang oleh-oleh khas gunung Bromo semoga bermanfaat. Untuk harga dan pemesanan paket wisata Bromo Malang murah, silakan menghubungi kontak kami.

Oleh-oleh Khas Bromo