Masjid Tiban Malang, Masjid Ajaib yang dibangun Jin

Masjid Tiban Malang, Masjid Ajaib yang dibangun Jin

Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban Malang

Lokasi Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban Malang merupakan masjid unik yang berada di selatan wilayah Malang tepatnya dikawasan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Masjid Tiban ini lebih sering disebut sebagai Masjid Ajaib, dikarenakan asal usul dari masjid Tiban Malang ini konon dibangun tanpa sepengetahuan warga sekitarnya dan katanya masjid ini dibangun oleh Jin dalam waktu semalam. Namun hal itu dibantah oleh sang pemilik pondok bahwa masjid itu dibangun oleh para santri dan jamaah melalui pesan di meja penerima tamu dengan tulisan besar, "Apabila ada orang yang mengatakan bahwa ini adalah pondok tiban (pondok muncul dengan sendirinya), dibangun oleh jin dsb., itu tidak benar. Karena bangunan ini adalah Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah yang murni dibangun oleh para santri dan jamaah.

Keunikan masjid Tiban Malang

Masjid ini sebenarnya adalah Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah dan terletak di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, bermakna Laut Madu atau, "Fadilah Rohmat" (Segarane, Segara, Madune, Fadhole Rohmat). Pondok Pesantren tersebut dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau akrab disapa Romo Kiai Ahmad.

Untuk arsitektur bangunan terdapat percampuran budaya dari Arab, Turki, India, dan juga China. Gaya arsitektur ini sendiri didapat dari pemilik pondok, KH Ahmad Bahru Mafdlaludin Soleh melalui shalat istikharah. Arsitektur bangunan yang mengagumkan dapat dilihat mulai pos depan masjid dengan bergaya seperti candi hingga kompleks di dalam bangunan utama. Kubah-kubah bergaya India diukir tulisan Arab konon semua dikerjakan oleh santri pondok sendiri. Masjid ini terdiri dari 10 lantai dan dapat ditelusuri menggunakan lift atau tangga. Ornamen-ornamen ethnik dengan gaya Arab berlapis warna emas menghiasi dinding berbagai ruangan dan koridor. Di lantai dasar, bisa membeli aneka cinderamata untuk oleh-oleh. Sedangkan di lantai teratas, akan disuguhi pemandangan indah dari keseluruhan areal masjid.

Di setiap ruang dihubungkan dengan sebuah pintu, dan dari masing-masing pintu tersebut mempunyai keunikan sendiri-sendiri dengan corak dan warna yang unik, seakan kita dibawa menuju dunia lain diluar penerawangan kita , sehingga kita tidak akan pernah bosan untuk menikmati keseluruhan isi masjid ini. Bahkan kursi dan meja tempat peristirahatan juga mempunyai gaya arsitektur tinggi. Dibagian lantai atas gedung terdapat kebun yang ditanami berbagai tanaman yang tumbuh subur, mengingatkan kita pada kejayaan era Babylonia yaitu Taman Bergantung.

Demikian postingan tentang Masjid Tiban Turen Malang, semoga bermanfaat. Untuk harga dan pemesanan paket wisata bromo malang murah silakan hubungi kontak kami. Terima kasih

Masjid Tiban Malang